Senin, 28 April 2014

MTQ Kalimantan Barat Dibuka

MTQ Kalimantan Barat Dibuka
Cornelis: Quran Bukan Hanya Dibaca Tapi Diamalkan

LPTQ Kalbar, Bengkayang

Musbaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XXV Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Bengkayang secara resmi dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis MH, Mingu (27/4).

Ada pesan menarik yang disampaikan Gubernur dalam pembukaan tersebut. Gubernur menegaskan, MTQ buka hanya sekedar memabaca alquran, akan tetapi diharapkan MTQ sebagai ajang untuk bersama sama dengan giat berusaha untuk mengamalkan isi kandungan ayat dalam alquran.

"Kalau hanya sekedar membaca, panggil aja guru ngaji ke rumah," kata Gubernur.

Dalam pengarahannya, Gubernur Cornelis, meminta kepada para peserta yang mengikuti lomba untuk disiplin, karenan kedisiplinan bagian penting untuk menjadi jawara.

"Disiplin menjadi kunci untuk menjadi manusia. Kalau mau jadi jawara juga harus disiplin. Kalau tidak disiplin jangan bermimpi," ujarnya.

Terkait dengan anggaran, Gubernur menitipkan pesan kepada kementerian agama Provinsi Kalimantan Barat. Katanya,  MTQ adalah agenda nasional, maka semestinya penganggaran juga dari nasional.

"Karena nasional itu, semestinya harus dengan anggaran APBN, dan bukan dianggarkan dari APBD. Kalau masing masing Provinsi diberi anggaran sepuluh miliar maka untuk seluruh provinsi hanya 340 miliar," kata Gubernur.

Sementara itu, Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot sekaligus Ketua Umum Panitia MTQ Provinsi Kalimantan mengatakan pihaknya telah mempersiapkan pelaksananaan MTQ sedemikian matang. Mulai dari sarana prasarana lomba hingga sampai pada para kafilah.

"Untuk para kafilah, kita berlakukan orang tua angkat. Bapak angkat ini dipercayakan kepada kepala SKPD disesuaikan dengan asal kafilah," ujar Bupati.

Ketua LPTQ Provinsi Kalimantan Barat, M.Zeet Hamdi Assovie menegaskan, setelah MTQ Provinsi Kalimantan barat selesai dilaksanakan, maka langkah selanjutnya adalah membina dan melatih para peserta terbaik untuk mengikuti MTQ tingkat nasional pada bulan Juni di Kepulauan Riau, Batam.

"Pembinaan kita para peserta yang terpilih akan kita latih dalam sebuah wadah dengan nama alquran center. Pembinaan akan dilakukan kurang lebih satu bulan," ucapnya.

Pembinaan dengan sistem alquran center itu diharapkan bisa menggali kemampuan calon peserta sehingga lebih optimal. Pembinaan dilakukan dengan melibatkan dewan juri nasional dan dewan juri Provinsi sebagai pendamping.

"Dengan pembinaan yang dilakukan, mudah mudah semua anak anak kita dapat berbicara secara nasional dan mengharumkan provinsi Kalimantan Barat," harap M. Zeet.

Pembukaan MTQ tingkat Kalbar berlangsung meriah. Pembukaan yang dimulai sekitar pukul 20.00 diawali dengan parade para kafilah dari masing masing Kabupaten Kota se Kalimantan Barat. Parade kafilah ini diiringin drum band SMA Borneo Tribune, Bengkayang.

Setelah acara resmi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan acara tambahan berupa tarian kolosal. Tarian masing masing etnis besar di indonesia ditampilkan, seperti Tionghoa, Dayak, Melayu, Jawah dan sejumlah etnis lainnya.

Pembukaan disaksikan ribuan mata manusia, mulai dari para undangan resmi, seperti Forkopimda Propinsi Kalimantan Barat, para Bupati dan Walikota se Kalbar, Forkopimda Kabupaten Kota, Kepala SKPD, BUMD beserta sejumlah undangan lainnya
, Bengkayang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar